Sunday 6 April 2014

Sepatu Emas Eropa Jadi Rebutan Suarez, Ronaldo dan Messi

http://ift.tt/eA8V8J

Suara.com - Persaingan untuk memperebutkan Sepatu Emas Eropa musim 2013/14 semakin panas. Penghargaan yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak di liga Eropa menjadi rebutan tiga pemain. Ketiganya adalah Luis Suarez (Liverpool), Cristiani Ronaldo (Real Madrid) dan Lionel Messi (Barcelona).


Suarez masih memimpin dengan nilai 58, Ronaldo di urutan kedua dengan nilai 56 dan Messi dengan nilai 50. Angka yang diraih Messi sudah menyamai Diego Costa (Atletico Madrid). Namun, Costa kemungkinan sulit untuk menambah koleksi golnya karena cedera.


Akhir pekan lalu, Suarez gagal menambah pundi-pundi golnya ketika Liverpool menundukkan West Ham United 2-1. Begitu juga dengan Ronaldo yang tidak dimainkan ketika Madrid menang 4-0 atas Real Sociedad. Sedangkan Messi menambah dua gol ketika Barcelona menang 3-1 atas Real Betis.


Penilaian dilakukan dengan mengalikan jumlah yang dicetak pemain yang bersangkutan. Kooefisen angka pengali tergantung dari liga tempat pemain itu merumput. Khusus untuk liga Italia, Spanyol dan Inggris, angka pengali adalah dua. Sedangkan liga Prancis, Jerman dan Belanda, angka pengali adalah 1,5. Angka pengali didasarkan pada peringkat liga yang disusun oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).


Sejumlah pemain yang sudah pernah meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa antara lain Francesco Totti, Luca Toni, Ronaldo, Marco Van Basten, Eusebio, Gerd Muller dan Diego Forlan. Dua dari tiga pemain yang bersaing di musim ini juga sudah pernah meraih Sepatu Emas yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Apabila Suarez berhasil mempertahankan posisinya di puncak maka dia akan menjadi pemain Uruguay kedua setelah Forlan yang meraih penghargaan itu. (Goal)






Sumber http://ift.tt/1khoJg5

via suara.com

No comments:

Post a Comment